Beranda | Website UII | Klasiber | IT Support | News | Blogs Staff | Blogs Students | Webmail  
Login

Layanan

FAQ
 
 
UNISYS

UNISYS

UNISYS adalah pintu gerbang untuk mengakses Sistem Informasi (SI) yang terdiri dari sistem-sistem aplikasi berbasis Internet yang merupakan bagian Portfolio SI yang telah dikembangkan dan diimplementasikan di UII sebagai layanan informasi bagi para stakeholder, seperti kepada mahasiswa, calon mahasiswa, orang tua mahasiswa, alumni, dosen, dan eksekutif universitas. Diantara sistem-sistem aplikasi tersebut adalah UII-LIA, UII-RAS, UII-SIE, UII-ALUMNI, UII-PERPUSTAKAAN, UII-MHS, UII-PMB, dan UII-SMS. Dimana masing-masing akan dijelaskan pada penjelasan berikut di bawah ini.

Layanan UNISYS meliputi sebagai berikut :

UII - LIA (Layanan Informasi Akademik)

UII - LIA adalah layanan SI berbasis Internet yang merupakan integrasi antara Sistem Informasi Menejemen (SIM) Akademik, SIM-Keuangan Bank dan SIM Perpustakaan, termasuk di dalamnya fasilitas e-mail. Layanan ini ditujukan terutama untuk memberikan layanan informasi bagi mahasiswa, orang tua/wali mahasiswa dan dosen. UII-LIA dapat menyajikan informasi secara luas mengenai informasi mahasiswa yang meliputi administrasi akademis, pembayaran uang kuliah, layanan perpustakaan, aktifivas kuliah (jadwal dan presensi), rencana studi, pencarian jurnal-jurnal online, dan monitoring prestasi akademik. Sehingga para stakeholder UII dari sisi :

Mahasiswa dapat melihat perkembangan hasil studi yang telah dicapainya melalui layanan ini, memesan buku perpustakaan, dan melihat pembayaran yang telah dilakukan, serta melihat berapa jumlah uang yang harus dibayarkan untuk uang kuliah (SPP dan Catur Dharma).

Orang tua/wali, layanan ini dapat dipakai untuk memantau perkembangan akademik anaknya di UII. Informasi yang dapat dipantau oleh orang tua /wali antara lain perkembangan studi, kegiatan perkuliahan, ketertiban pembayaran kuliah dan aktifitas peminjaman buku di perpustakaan. Status alamat yang terakhir di Yogyakarta.

Dosen, layanan ini bermanfaat untuk melihat jadwal perkuliahan, baik yang bersangkutan maupun koleganya. Para dosen juga dapat mengetahui peserta kuliah, statusnya, dan nilai-nilai yang pernah diperoleh mahasiswa untuk kelas yang akan diasuh.

UII - RAS (Rencana Akademik Semester)

UII - RAS adalah layanan SI berbasis Internet untuk pengisian Rencana Akademik Semester (RAS). Layanan ini hanya dapat diakses oleh mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Layanan ini dibuka hanya pada saat-saat tertentu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Untuk dapat memanfaatkan layanan UII - RAS seorang mahasiswa harus :

  1. Berstatus aktif, yaitu tidak sedang cuti, atau sudah lulus.
  2. Sudah membayar SPP angsuran 1 untuk semester 1, atau 3 untuk semester 2
  3. Untuk semester pendek, harus aktif di salah satu semester reguler.

UII - ALUMNI (Sistem Informasi Alumni)

UII - ALUMNI adalah Layanan SI berbasis Internet yang ditujukan untuk alumni UII. Melalui layanan ini alumni dapat melakukan registrasi dan mencari data alumni. Database alumni dapat diakses oleh semua alumni yang terdaftar. Masyarakat umum hanya dapat melihat data-data alumni yang umum saja, misalnya nama, tempat tinggal dan tempat kerja.

UII - SIE (Sistem Informasi Eksekutif)

UII - SIE adalah Sistem Informasi yang ditujukan untuk para eksekutif di lingkungan universitas.

UII - PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru)

UII - PMB adalah Sistem Informasi untuk pendaftaran mahasiswa baru UII.

UII - MHS (Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa)

UII - MHS adalah Sistem Informasi untuk pengisian data-data awal bagi mahasiswa baru.

UII - SMS (Sistem Informasi berbasis SMS)

UII-SMS memberikan layanan kepada civitas akademika UII pada khususnya dan orang-tua / wali serta masyarakat umum tentang informasi ke-UII-an, yang diakses melalui SMS atau pesan singkat di handphone (telpon mobil).

Bagi mahasiswa dapat melihat nilai, jadwal kuliah, status maupun tagihan pembayaran semester.

Bagi orang tua / wali mahasiswa dapat melakukan pengecekan keadaan mahasiswa atau anaknya di UII, apakah aktif kuliah atau tidak, apakah sudah membayar atau belum.

Tentunya tidak ketinggalan juga bagi pimpinan universitas sampai dengan program studi dapat melihat status mahasiswa, rekapitulasi pendaftaran, presensi kuliah dosen, presensi kehadiran karyawan, dan lain-lain.

Informasi pendaftaran mahasiswa baru, pengumuman hasil tes ini pun dapat diakses secara luas juga oleh masyarakat umum.