Sistem Akademik

  

 

Sistem Pendidikan
1. Matrikulasi
Matrikulasi diwajibkan bagi peserta yang menurut evaluasi Program memerlukan tambahan dasar pengetahuan manajemen dan ekonomi berdasarkan bukti-bukti persyaratan yang dilampirkan oleh peserta. Matrikulasi ini dilaksanakan sebelum perkuliahan program doktor dimulai.
2. Lama Studi
Perkuliahan: 3 Semester
Penulisan dan Ujian Disertasi: 3 - 5 Semester
3. Biaya Studi
1. Pendaftaran dan Seleksi
2. Uang Kuliah
    - 6 Semester Pertama
    - Semester 7 dan selanjutnya
3. Biaya Bimbingan Disertasi
4. Biaya Ujian-Ujian Disertasi dan Izasah
Rp 300.000,-

Rp 7.000.000 per semeter
Rp 3.000.000 per semester
Rp 6.000.000
Rp 3.000.000
Pembayaran dilakukan lewat
Bank BNI Syariah Cabang Yogyakarta No. Rekening 801.000008545.901 atas nama UII S3 atau Bank Bukopin Cabang Yogyakarta No. Rekening 1002003626 atas nama S3 UII.
4. Perkuliahan
Perkuliahan diselenggarakan pagi, siang, serta sore hari.
Semester Ganjil: Oktober - Maret
Semester Genap: April - September

 

Sistem Evaluasi Belajar
1. Ujian Mata Kuliah
Ujian mata kuliah, jika diperlukan, diselenggarakan satu kali dalam satu semester yaitu Ujian Akhir Semester (UAS). Nilai akhir suatu mata kuliah merupakan gabungan nilai UAS, tugas-tugas akademik, presentasi, dan lain-lain yang bobot masing-masing komponen tersebut sudah ditetapkan oleh dosen pengajar sejak awal perkuliahan. Dosen berkewajiban mengembalikan semua lembar jawaban ujian dan tugas-tugas kepada mahasiswa. Nilai minimal kelulusan masing-masing mata kuliah adalah B , kecuali mata kuliah kosentrasi. Jika mahasiswa mendapatkan nilai kurang dari B, wajib mengulang mata kuliah tersebut pada semester berikutnya sampai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh sama dengan 3.00
 
Pedoman pemberian nilai akhir adalah sbb:

Nilai Angka Gabungan

Nilai Huruf

Harkat

90 - 100
85 - 89
80 - 84
75 - 79
70 - 74
65 - 69
60 - 64
55 - 59
50 - 54
45 - 49
40 - 44
Di Bawah 40

A
A-
B+
B
B-
C+
C
C-
D+
D
D-
E

4,00
3,67
3,33
3,00
2,67
2,33
2,00
1,67
1,33
1,00
0,67
0

2. Evaluasi Dua Semester Pertama
Mahasiswa dinyatakan lolos evaluasi 2 semester pertama jika memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dan tidak ada nilai yang kurang dari B. Jika lulus evaluasi ini, mahasiswa dapat mulai bimbingan pra-proposal disertasi dengan Promotor. Jika tidak memenuhi syarat, mahasiswa dinyatakan tidak dapat mengikuti tahapan pendidikan Program Doktor berikutnya (drop out / DO).
3. Kertas Kerja Mahasiswa (Working Paper)
Diharapkan kertas kerja mahasiswa memiliki komponen terbesar dalam proses penilaian suatu mata kuliah. Oleh karena itu mahasiswa diwajibkan membuat minimal 2 (dua) buah kertas kerja yang di dalamnya berisi pikiran-pikiran kritis terhadap konsep dan pengujian empiris satu bahasan ilmiah tertentu.
4. Pra Proposal
Pra poposal adalah bimbingan secara informal tentang rencana disertasi yang hendak ditulis oleh mahasiswa setelah mahasiswa menempuh sebagian mata kuliah konsentrasi. Pilihan kebijakan ini dimaksudkan agar terbangun semangat kolegial antara mahasiwa dengan calon promotor. Untuk memperdalam proposal ini bisa dilanjutkan pada studi mandiri pada semester berikutnya. Bimbingan ini sesungguhnya dilakukan oleh mahasiswa yang masih belum memenuhi syarat untuk menulis disertasi. Jika ujian kualifikasi dan persyaratan-persyaratan akademik lainnya dipenuhi akan dilanjutkan pada penulisan proposal disertasi. Namun demikian hendaknya disadari bahwa topik disertasi disertasi masih dimungkinkan untuk berubah.
5. Persyaratan Nilai Mata Kuliah Konsentrasi
Mahasiswa harus mendapatkan nilai minimal B+ untuk mata kuliah konsentrasi.
6. Ujian Kualifikasi
Ujian kualifikasi dilaksanakan setelah mahasiswa lulus mata kuliah dengan IPK minimal 3.00 dan nilai masing-masing mata kuliah minimal (B) serta mempunyai nilai skor TOEFL minimal 500. Khusus untuk persyaratan TOEFL ini, mahasiswa akan selalu dimonitor kemampuan bahasa inggrisnya melalui test TOEFL institusional tiap semester sekali dibawah koordinasi Pusat Bahasa Universitas Islam Indonesia.

Ujian kualifikasi ini dilaksanakan untuk mengukur apakah mahasiswa peserta Program Doktor ini berhak untuk melanjutkan studi (penulisan proposal) atau tidak. Adapun mata kuliah yang diujikan pada ujian kualifikasi adalah:

Program Studi Manajemen meliputi :

  • Sejarah Perkembangan Pemikiran dan Perbandingan Manajemen
  • Manajemen Strategi
  • Metode Penelitian
  • dan salah satu mata kuliah konsentrasi yang menjadi dasar pemilihan topik disertasi.

Program Studi Ekonomi Pembangunan meliputi:

  • Sejarah Pemikiran Ekonomi
  • Metode Penelitian
  • Teori Ekonomi Lanjutan
  • salah satu mata kuliah konsentrasi yang menjadi dasar pemilihan topik disertasi.

Pelaksanaan ujian kualifikasi dilakukan oleh Panitia Ujian Kualifikasi yang diusulkan oleh Program Studi dan diangkat oleh Direktur Program Pascasarjana. Dewan penguji terdiri dari 3 orang dan mahasiswa dinyatakan lulus ujian kualifikasi jika memperoleh nilai rata-rata B (3.00) Ujian Kualifikasi berbentuk ujian tertulis dan penguji berkewajiban mengembalikan lembar jawaban ke mahasiswa.

Mahasiswa yang tidak lulus ujian kualifikasi dapat menempuh ujian kualifikasi ulangan maksimal satu kali. Jika dalam ujian ulangan tersebut mahasiswa tidak lulus maka mahasiswa dinyatakan drop out (DO).

7. Proposal Disertasi
Proposal disertasi yang merupakan kelanjutan Pra Proposal baru dapat ditulis secara formal setelah mahasiswa lulus ujian kualifikasi. Topik proposal disertasi ditentukan berdasarkan konsentrasi yang dipilih oleh mahasiswa dengan persetujuan promotor utama dan pembantu. Penulisan proposal dibimbing minimal oleh seorang promotor utama dan seorang promotor pembantu yang telah disetujui oleh ketua Program Doktor. Setelah penulisan proposal dinyatakan selesai oleh promotor utama dan pembantu, mahasiswa menempuh tahapan berikutnya yaitu seminar proposal disertasi.
8. Seminar Proposal Disertasi
Mahasiswa yang sudah lulus ujian kualifikasi dan proposal disertasinya sudah disetujui promotor dapat melakukan seminar proposal disertasi. Seminar proposal disertasi ini meliputi teori, konsep, dan metode penelitian yang digunakan. Penguji seminar proposal disertasi terdiri dari promotor utama, pembantu dan 3 orang penyanggah. Disamping itu juga diundang orang-orang dari berbagai perguruan tinggi yang berminat dengan topik disertasi. Proposal disertasi oleh program akan dimuat di internet pada website UII agar dapat diberi masukan dari berbagai kalangan yang berminat.

Dalam seminar ini, proposal disertasi dapat diputuskan: diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi kecil, diterima dengan revisi besar, atau ditolak dan diminta mengajukan proposal baru. Disamping itu, masing-masing penguji akan memberi nilai antara C sampai dengan A jika proposal diterima. Nilai proposal adalah rata-rata nilai yang diberikan oleh para penguji. Jika lulus, mahasiswa disebut sebagai kandidat doktor (all but dissertation/ABD), dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh Program Doktor. Setelah tahapan ini mahasiswa melakukan penelitian yang hasil penelitiannya kemudian diseminarkan pada tahapan berikutnya.

9. Seminar/Review Hasil Penelitian
Seminar/review hasil penelitian dapat dilakukan jika disertasi tersebut sudah disetujui oleh promotor utama dan pembantu. Penguji seminar/reviewer hasil penelitian disertasi terdiri dari promotor utama, pembantu dan 3 orang penyanggah/independent reviewer.

Dalam seminar ini, hasil penelitian dapat dinilai: diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi kecil, diterima dengan rivisi besar, atau ditolak dan diminta melakukan penelitian ulang. Disamping itu, masing-masing penguji/reviewer akan memberi nilai antara C sampai dengan A jika hasil penelitian diterima. Nilai seminar hasil penelitian adalah rata-rata nilai yang diberikan oleh para penguji/reviewer.

10. Ujian Prapromosi
Untuk dapat menempuh ujian prapromosi, promovendus harus menyusun kembali disertasinya atas masukan pada seminar/review hasil peneltian dan pernah membuat minimal 1 (satu) artikel di jurnal yang sudah diakreditasi oleh Depdikbud atau minimal 3 artikel di jurnal yang memiliki ISSN. Tulisan tersebut dimuat pada periode mahasiswa mengambil Program Doktor.

Ujian prapromosi dilaksanakan oleh tim penguji yang sama dengan penguji Seminar Hasil Penelitian disertasi, yaitu promotor utama dan pembantu, dan 3 orang penyanggah ditambah 2 orang penyanggah baru. Masing-masing penguji akan memberi nilai antara C sampai dengan A. Nilai ujian pra promosi adalah rata-rata nilai yang diberikan oleh para penguji. Ujian ini menentukan lulus tidaknya mahasiswa meraih gelar Doktor.

11. Pidato Promosi
Pidato promosi dilaksanakan dalam sidang senat terbuka dihadapan Senat Guru Besar Universitas Islam Indonesia atau Panitia Ad Hoc yang merepresentasikan Senat Guru Besar serta undangan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang berminat terhadap topik disertasi. Pada akhir pidato akan diumumkan predikat kelulusan promovendus.
Predikat Kelulusan
Predikat kelulusan dikelompokkan menjadi terpuji, sangat memuaskan, atau memuaskan. Adapun kriteria ketiga predikat tersebut sebagai berikut:
1. Predikat Terpuji
  • IPK mata kuliah minimal 3.75
  • Nilai disertasi (gabungan nilai seminar proposal, seminar hasil, dan ujian prapromosi) minimal 3.75
  • Atau IPK gabungan dari keduanya minimal 3,75
  • Waktu studi tidak lebih dari 10 semester
2. Predikat Sangat Memuaskan
  • IPK mata kuliah 3.50 - 3.74
  • Nilai disertasi (gabungan nilai seminar proposal, seminar hasil, dan ujian prapromosi) antara 3.50 - 3.74
  • Atau nilai gabungan dari keduanya minimal 3,50
  • Waktu studi tidak lebih dari 12 semester
3. Predikat Memuaskan
  • IPK mata kuliah 3.00 - 3.49
  • Nilai disertasi (gabungan nilai seminar proposal, seminar hasil, dan ujian prapromosi) antara 3.00 - 3.49
  • Atau nilai gabungan dari ke duanya minimal 3,00

 

Sanksi Akademik
Untuk menjaga kualitas lulusan, Program Doktor ini membuat sangsi-sangsi akademik dalam proses belajar mengajar. Adapun pelanggaran yang dapat sangsi adalah sebagai berikut:
Kehadiran Kuliah Kurang dari 80%
Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 80% mendapat sangsi tidak dapat ikut ujian mata kuliah dan nilainya dinyatakan 'incomplete'. Mahasiswa wajib menempuh mata kuliah yang sama pada saat mata kuliah tersebut ditawarkan kembali

Tidak hadir dalam ujian mata kuliah
Mahasiswa yang tidak hadir dalam ujian akhir mata kuliah terjadwal mendapat sangsi nilainya dinyatakan 'incomplete'. Sangsi ini dapat tidak diberlakukan untuk mata kuliah semester terakhir. Untuk mata kuliah semester terakhir, mahasiswa dapat menempuh ujian susulan jika alasan ketidakhadirannya dalam ujian dapat diterima oleh dosen pengampu.

Indeks Prestasi Kurang dari 3.00 pada 2 semester pertama
Mahasiswa dinyatakan drop out jika pada dua semester pertama mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif kurang dari 3.00

Menjelang Ujian Kualifikasi Nilai TOEFL belum 500
Mahasiswa tidak dapat mengikuti ujian kualifikasi jika belum memiliki skor Toefl 500. Selama menunggu memenuhi syarat TOEFL, mahasiswa diwajibkan ikut kuliah (sit in) di kelas mata kuliah yang akan diujikan di ujian kualifikasi. Masa tunggu ini diperhitungkan dalam mengevaluasi batas maksimum kelulusan.

Tidak lulus ujian kualifikasi
Nilai kelulusan ujian kualifikasi rata-rata B (3.00). Mahasiswa yang tidak lulus diperkenankan untuk menempuh ujian kualifikasi ulangan maksimal satu kali. Jika tidak lulus ujian ulangan ini mahasiswa dinyatakan drop out.

Lama Studi Lebih Dari 12 Semester
Mahasiswa yang sudah mengambil studi selama 12 semester wajib mengajukan perpanjangan. Perpanjangan waktu studi hanya berlaku 2 semester. Jika setelah perpanjangan, mahasiswa belum dapat menyelesaikan studinya (hasil disertasinya belum disetujui promotor) maka mahasiswa tersebut akan di drop out.

Melakukan Plagiat dalam Menyusun Disertasi
Mahasiswa yang terbukti melakukan plagiat dalam disertasinya akan dicabut gelar doktornya. Pembuktian plagiat akan dilakukan dalam sidang yang anggotanya ditunjuk oleh Direktur Program Pasca sarjana dengan menghadirkan mahasiswa tertuduh.

Tampilan Cetak | Kembali ke Atas