Tentang Program Doktor Ilmu Ekonomi

 

Profil
Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan program doktor yang terakreditasi oleh pemerintah, berdasarkan surat keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi NO. 220/DIKTI/Kep/2000 tgl 6 juli 2000. Mulai tahun akademik 2000/2001 program ini menyelenggarakan pendidikan jenjang S3 bertempat di Kampus UII Condongcatur Yogyakarta.
Mengapa Program Doktor Ilmu Ekonomi UII?
Perkembangan zaman di masa mendatang akan diwarnai oleh kemajuan teknologi yang sangat cepat serta tingginya tingkat turbulensi perubahan lingkungan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Untuk dapat bersaing di era tersebut dibutuhkan kesiapan sumber daya manusia yang 'paripurna', salah satunya dari jenjang akademik. Pada jenjang akademik, sumber daya manusia harus memiliki kemampuan analisis dan prediksi yang handal, dilatarbelakangi oleh bekal teoritis yang komprehensif, serta memiliki integritas yang tinggi untuk mengembangkan disiplin ilmu yang digelutinya. Keparipurnaan tersebut akan tercapai jika mereka memiliki perpaduan sifat dan sikap progresif, terbuka terhadap perbedaan (open minded), dan selalu melandasi setiap tindakannya dengan nilai-nilai agama.

Jika anda ingin menjadi sumber daya manusia yang handal seperti tersebut di atas, maka pilihan yang tepat adalah Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Program ini secara efektif dan efisien akan memberi bekal teori dan metodologi, menyediakan lingkungan yang kondusif, sehingga anda dapat mengembangkan disiplin ilmu anda secara mandiri. Hal tersebut dimungkinkan karena Program ini dikelola oleh tenaga berpengalaman yang sudah terbukti membawa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UII mendapat akreditisai A Pembina dan Magister Manjemen mendapat akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional. Ditambah lagi, Program berada di Kota Pelajar dan Budaya Yogyakarta, tempat yang paling nyaman untuk belajar.

Fasilitas
  • Perpustakaan
  • Ruang kerja mandiri dan fasilitas komputer
  • Ruang kuliah

 

Visi dan Misi
Visi program ini melahirkan pakar bergelar doktor dalam bidang ilmu ekonomi yang memiliki komitmen pada kesempurnaan di bidang penelitian, pendidikan, pengabdian pada masyarakat, dan dakwah, setingkat universitas yang berkualitas di negara maju dan berkarakter rahmatan lil'alamin. Sedangkan misi dari Program doktor ilmu ekonomi Universitas Islam Indonesia bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:
  • Memiliki integritas ilmiah yang tinggi dalam ilmu ekonomi
  • Bersikap terbuka, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang terkait dengan spesialisasinya
  • Mempunyai kemampuan mengembangkan bidang ilmu ekonomi melalui kegiatan penelitian ilmiah
  • Mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilannya dalam bidang ilmu ekonomi untuk mencari jalan keluar secara akademis atas permasalahan yang kompleks dalam masyarakat
  • Memiliki integritas moral dan ketaqwaan serta tanggung jawab profesional
Organisasi
Penanggungjawab Rektor Universitas Islam Indonesia
Direktur Program Pasca sarjana DR. Dahlan Thaib, SH
Dewan Pembina Dekan Fakultas Ekonomi UGM
Dekan Fakultas Ekonomi UII
Direktur DR. M. Akhyar Adnan, MBA, Akt.
Wakil Direktur Bidang Akademik DR. M. Sobirin, MBA, Akt
Wakil Direktur Bidang Administarasi dan Keuangan Drs. Agus Widarjono, MA
Staff Pengajar
Staf pengajar program ini diasuh oleh para dosen yang memiliki kualifikasi dalam bidang yang menjadi spesialisasinya. Para dosen tersebut adalah:

Dosen Tetap:

  1. Prof. Dr. Soekanto Reksohadiprojo, M.Com
  2. Prof. Dr. Abdurrahman A. Basalamah
  3. Prof. Dr. Mansyur Ramli
  4. Dr. M. Akhyar Adnan, MBA
  5. Dr. Munrohim Misanam, MA.Ec
  6. Dr. Ahmad Sobirin, MBA
  7. Dr. Hadri Kusuma, MBA
  8. Dr. Iskandar Hasan

Dosen Tidak Tetap:

  1. Prof. Dr. Mas'ud Machfoed, MBA
  2. Prof. Dr. Soelistyo, MBA
  3. Prof. Dr. M. Dawam Rahardjo
  4. Prof. Dr. Zanzawi Soejoeti, M.Sc
  5. Prof. Dr. Asip F Hadipranata
  6. Dr. Farid Wijaya, MA
  7. Dr. Marwan Asri, MBA
  8. Dr. Jamaludin Ancok
  9. Dr. A. R. Karseno, MA
  10. Dr. Gunawan Sumodiningkrat
  11. Dr. Hadi Satyagraha
  12. Dr. Slamet Santoso Sarwono, MBA
  13. Dr. Hermanto

Tampilan Cetak | Kembali ke Atas