FAKULTAS

FAKULTAS  TEKNIK SIPIL  DAN PERENCANAAN

JURUSAN ARSITEKTUR

 

Silabus semester

 

1  |  2  |  3  |  4  |  5  |  6  |  7  |  Mata kuliah pilihan  |

   

 

SEMESTER I

 

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (AQIDAH)

2SKS

MKPK

10011011

Konsep Islam tentang Tuhan. Konsep Islam tentang alam gaib. Pengenalan dan mempelajari kandungan Kitab-kitab Allah yang pernah ada serta tentang Rasul-rasul Allah. Dibahas pula hal-hal yang berkaitan dengan Hari Pembalasan, Qadla dan Qadar serta persepsi Allah menurut versi Islam

 

BAHASA INGGRIS

2 SKS

MKKK

 10022011

Mengetahui tatabahasa dan kosakata khususnya dalam bidang arsitektur, dan mampu memahami pembacaan teks dalam bidang arsitektur dan mendeskripsikan dalam bahasa Inggris.

 

MATEMATIKA

2 SKS

MKKK

 10022021

Mengetahui dasar-dasar geometri deskriptif dan analitis yang meliputi geometri datar (sistem koordinat, bangun geometris dua dimensional, relasi titik dan garis) dan geometri ruang (persamaan bidang, bangun geometris tiga dimensional ellipsoid).

 

MEKANIKA TERAPAN I

2 SKS

MKKK

 51222011

Memahami dasar-dasar keseimbangan (statika) dan ragam pembebanan & gaya internal eksternal, serta prinsip penerapannya pada konstruksi bangunan.

 

PENGANTAR ARSITEKTUR

2 SKS

MKKK

 51221011

Memahami definisi arsitektur dan mengenal lingkupnya, serta mengenal berbagai relasi antara arsitektur dan manusia, yakni: manusia sebagai pengguna (yang membentuk pengalaman fisis, psikologis, sosial, filosofis dan estetis), manusia sebagai produsen (yang membentuk profesi arsitek dalam sistem produksi masyarakat tradisional dan industrial), manusia sebagai pengkaji (yang membentuk disiplin ilmu arsitektur dalam kesejarahan, teori, dan metoda perancangan arsitektur).

GRAFIS ARSITEKTUR

4 SKS

MKKB

51221021

Memahami dan mampu menerapkan teknik-teknik penggambaran dan penyajian secara grafis dua dimensional rancangan arsitektural baik yang bersifat gambar presentasi maupun gambar teknis.

KONSTRUKSI BANGUNAN I

2 SKS

MKKB

 51231011

Mengetahui dasar struktur bangunan gedung (ragam bentuk dan struktur), elemen-elemen bangunan gedung (super structure dan sub structure), konstruksi teknis bangunan gedung (detail elemen bangunan), serta dasar-dasar sambungan dan joint (sambungan dasar; kayu dan batubata).

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR I

4 SKS

MKKB

 51231021

Memahami prinsip-prinsip perancangan komposisi geometric dan tektonik yang berupa naungan ataupun bagian bangunan sebagai setting antropomorfis.

back to top

 

 

 

 

IBADAH DAN AKHLAQ

2 SKS

MKPK

 10012012

Memahami prinsip-prinsip menjalin hubungan baik dengan Allah dan dengan sesama manusia, serta perwujudannya dalam tatacara peribadatan dan pengembangan kepribadian.

 

REKAYASA LINGKUNGAN

2 SKS

MKKK

 51221012

Mengenal konteks lingkungan dalam bangunan/lingkungan binaan baik secara paradigmatis, teoretis dan teknis; mengetahui proses kehidupan dan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya, baik abiotik, biotik maupun budaya; dan mengenal konteks secara hukum lingkungan dengan menjelaskan secara khusus pengertian amdal, peran manusia sebagai agen perubahan ekologi.

PERENCANAAN TAPAK I

2 SKS

MKKB

 51231012

Mengetahui prinsip-prinsip pemahaman dan rekayasa tapak, yang meliputi pengamatan tapak, penginterpretasian data tapak, analisis tapak terutama masalah topografi, kerangka peta, pengukuran detail, dan dasar-dasar rekayasa tapak.

MEKANIKA TERAPAN II

2 SKS

MKKK

 51222022

Mengenal ragam sistem struktur dan mengetahui karakteristik mekanis bahan struktural (elastisitas, kekuatan, daktilitas dan kegetasan) dan karakteristik gaya pada komponen struktur (gaya lentur dan geser pada balok; gaya lentur dan tekan atau tarik pada kolom dan balok, lendutan pada truss; kekakuan lateral dan struktural pada rangka; puntir dan lentur pada balok bundar, berongga, persegi dan balkon dsb.).

PRESENTASI DAN MODEL KOMPUTER

2 SKS

MKKB

 51232012

Memahami dasar-dasar paparan bentuk dalam arsitektur yang meliputi bentuk dan persepsi, pendekatan Gestalt: bagian dan keseluruhan, paparan geometris and topologis, morfologi arsitektur, tipologi arsitektur, antropomorfi dalam arsitektur, relasi antara bentuk dan setting serta relasi antara bentuk dan teknik/struktur.

PRESENTASI DAN MODEL KOMPUTER

2 SKS

MKKB

 51232012

Mengetahui berbagai macam teknik presentasi dan pemodelan arsitektural dengan alat bantu komputer baik dua dimensional maupun tiga dimensional dan mampu menggunakan software ataupun hardware yang dibutuhkan.

 

BAHAN BANGUNAN

2 SKS

MKKB

 51232112

Mengetahui sifat-sifat bahan struktural: baja, aluminium, beton, pasangan, kayu, plastik struktural, dan tanah; serta mengetahui sifat-sifat bahan konstruksi-arsitektural, bahan bangunan bukan logam, bahan bangunan logam besi/baja, dan bahan bangunan logam bukan besi/baja

.

KONSTRUKSI BANGUNAN II

2 SKS

MKKB

 51231122

Mengetahui elemen-elemen disain struktural dan konstruksi, struktur konstruksi atap, struktur konstruksi utama (bentuk struktur dan fungsinya), konstruksi sanitasi dan drainasi, serta dasar-dasar konstruksi di lapangan (pengetahuan pentahapan teknis di lapangan).

 

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR II

4 SKS

MKKB

 51231022

Memahami prinsip-prinsip perancangan komposisi arsitektonik yang berupa konstruksi sederhana secara logis dan estetis yang berupa bangunan berstruktur tunggal beruang tunggal sebagai setting bagi aktivitas-aktivitas primordial ragawi manusia, serta memahami strategi transformasi arsitektural guna memperkaya gagasan.

 

back to top

 

 

SEMESTER III

 

STUDI KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM

2 SKS

MKPK

 1001013

Mengetahui pengertian dan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam Islam baik dalam lingkup pengembangan pribadi pemimpin maupun dalam teknik-teknik pengorganisasian yang bersumber pada pribadi dan kepemimpinan Rasulullah SAW, serta penerapannya dalam kepemimpinan masa kini.

REKAYASA THERMAL BANGUNAN

2 SKS

MKKK

 51222033

Memahami prinsip dan standard kenyamanan thermal dalam arsitektur yang didasarkan pada pemahaman terhadap konteks klimatologis suatu bangunan, serta prinsip-prinsip rekayasanya dalam suatu sistem rancangan arsitektur.

PERENCANAAN TAPAK II

2 SKS

MKKB

 51231033

Mengetahui teori-teori perencanaan tapak, kualitas tapak, teknik-teknik perencanaan tapak yang berbasis pada pengelolaan alam, pengelolaan iklim mikro, pengelolaan standar-standar dalam perencanaan dan mempraktikkan dalam kasus-kasus perencanaan tapak

ANALISIS STRUKTUR I

2 SKS

MKKK

 51222013

Mengetahui kriteria desain dan analisis, beban pada struktur, proses analisis umum, analisis rangka batang (kayu, baja), analisis elemen lentur: balok sederhana (kayu,baja,beton), analisis elemen tekan: kolom (kayu,beton), analisis struktur menerus: balok (beton),  analisis struktur menerus: rangka kaku (beton), analisis pelat dan grid balok (beton).

TEORI FUNGSI

2 SKS

MKKK

 51221023

Memahami kisaran fungsi dalam arsitektur dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia, (meliputi: survival needs, safety & security, affiliation needs, esteem needs, cognitive dan esthetic needs) melalui peran-peran bangunan (meliputi: pembentukan lingkungan fisis, pembentukan lingkungan simbolis).

ANTROPOLOGI ARSITEKTUR

2 SKS

MKKK

 51222023

Mengetahui sistem budaya: gagasan dan pembentukannya, awal budaya bermukim, ragam dan perkembangan tradisi bermukim dan aspek keruangannya, hunian dan monumen, serta budaya perkotaan dan bentukan fisiknya.

PERANCANGAN STRUKTUR I

4 SKS

MKKB

 51221013

Memahami dan mampu menerapkan prinsip perencanaan struktur bangunan dua lantai dengan sistem struktur kayu, bata, beton. Jenis sistem struktur utama dengan dinding Pemikul/Rangka, struktur dan konstruksi sebagai media jaringan air bersih dan kotor beserta detail teknisnya, dan berbagai macam atap, dilihat dan bentuk, struktur dan bahan.

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR III

4 SKS

MKKB

 51232033

Memahami perancangan bangunan sederhana yang dengan fungsi yang terpadu yang terletak pada suatu tapak dengan karakter alami yang menyolok, mengetahui prinsip pengolahan lahan dan respon terhadap kondisi alami, serta mampu menyajikan rancangan secara komunikatif.

back to top

 

 

 

SEMESTER IV

 

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

2 SKS

MKPK

 10011014

Memahami prinsip-prinsip kewarganegaraan, hak dan kewajiban warganegara, wawasan nusantara, ketahanan nasional serta prinsip hak-hak asasi manusia.  

REKAYASA AKUSTIK DAN PENCAHAYAAN BANGUNAN

2 SKS

MKKK

 51222014

Mengetahui dasar teori tentang cahaya, terang dan penglihatan, bunyi dan suara, kenyamanan visual dan auditif. Memahami prinsip dan desain arsitektur yang mempertimbangkan aspek pencahayaan dan akustik.

UTILITAS

2 SKS

MKKK

 51221114

Memahami sistem pelayanan dalam sistem bangunan serta kedudukannya dalam arsitektur (yang berupa jaringan air bersih, air kotor, transportasi, power supply (kelistrikan), sistem penyegaran udara buatan, dan telekomunikasi) serta mampu menerapkan pemahaman tersebut dalam perencanaan bangunan.

ANALISIS STRUKTUR II

2 SKS

MKKK

 51222024

Mengetahui sistem struktur rangka grid, arsitektur dan struktur, meliputi: pola grid, pola struktural, manipulasi pola, stabilitas, hubungan arsitektur dan ruang fungsi dan struktur, antisipasi bentuk struktur terhadap gaya/beban khusus, angin, gempa, dsb. Pendekatan konstruksional, meliputi: konstruksi kayu, konstruksi beton bertulang, konstruksi baja, serta titik hubung.

TEORI SEMIOTIKA DAN KRITIK

2 SKS

MKKK

 51222024

Mengenal teori-teori semantik dalam arsitektur yang menerangkan keterkaitan antar ranah: bentuk-peran bangunan-teknik; termasuk di dalamnya kajian mengenai semiotika yang berkaitan dengan komunikasi simbolik; serta mengenal metoda-metoda kritik arsitektur untuk memberi kemampuan analisis arsitektur yang baik.

SEJARAH ARSITEKTUR INDONESIA

2 SKS

MKKK

 51221014

Mengetahui keragaman arsitektur kedaerahan di Nusantara (keragaman bentuk dan konstruksi, keragaman susunan ruang dan penggunaan, dan keragaman simbol dan makna) dan interaksi keragaman tersebut dengan berbagai peradaban dunia (peradaban India, Cina, Islam dan Eropa), serta dinamika perkembangan modern dan kontemporer arsitektur di Indonesia

 

PERANCANGAN STRUKTUR II

4 SKS

MKKB

 51232024

Memahami dan mampu menerapkan prinsip perencanaan struktur bangunan 4-5 lantai dengan sistem struktur beton dan baja, jenis sistem struktur utama dengan rangka berbagai macam beton, dan sistem selubung bangunan terutama dalam kaitannya dengan pengendalian iklim mikro dalam bangunan.

 

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR IV

4 SKS

MKKB

 51232044

Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan dengan kompleksitas fungsional menengah (fungsi tunggal, volume besar) dengan konstruksi antara 2-4 lantai, yang terletak dalam lingkungan perkotaan sehingga harus mempertimbangkan faktor kepadatan, dan peraturan bangunan setempat.

 

back to top

 

 

SEMESTER V

 

PEMIKIRAN DAN PERADABAN DALAM ISLAM

2 SKS

MKKK

 51222045

Mengenal dinamika perkembangan kesejarahan dunia Islam dan ungkapan-ungkapan arsitektural yang berkembang yang meliputi: masa pembentukan awal (masa Rasulullah, Daulah Umayyah & Abbasiyah); masa Ekspansi dan tantangan regional (Ottoman dan Barat, Savafid dan Asia Tengah, Mughal dan Asia Selatan, Cina dan Asia Timur, Indonesia dan Asia Tenggara; Masa Kontemporer (kebangkitan negara bangsa, modernisme and keterbelakangan, arsitektur untuk lingkungan dan masyarakat)

 

KESELAMATAN BANGUNAN

2 SKS

MKKK

 51222035

Memahami sistem keselamatan┐baik yang bersifat aktif maupun pasif┐dan keamanan dalam sistem bangunan proteksi terhadap kebakaran, petir, dan bahaya lainnya (gempa, banjir, dl), dan sistem signal dan kendali keamanan, serta mampu menerapkannya dalam rancangan. 

DASAR MANAJEMEN PROYEK

2 SKS

MKKK

 51222025

Mengetahui prinsip-prinsip proses pembangunan. pengertian manajemen, unsur-unsur dan organisasi pelaksanaan pembangunan, proses pembangunan dan tahap persiapan, lelang hingga penyerahan pembangunan; serta mengenal proses pembangunan yang berwawasan lingkungan.

METODA PERANCANGAN I

2 SKS

MKKK

 51222015

Mengerti secara teoretis proses perancangan, gambaran umum proses perancangan sebagai proses penyelusuran masalah, proses berpikir (divergen, transformasi dan konvergen) dan tahapan proses perancangan (programming, planning, dan design).

SIMULASI KOMPUTER

2 SKS

MKKK

 51222055

Mengetahui prinsip dan teknik perancangan dengan perangkat lunak simulasi aspek-aspek perancangan tertentu (kekuatan, pencahayaan, penghawaan, pengendalian projek dsb.) terhadap suatu model rancangan terkomputerisasi.

SEJARAH ARSITEKTUR MODERN

2 SKS

MKKK

 51221015

Mengetahui fenomena arsitektur moderen dalam konteks: transformasi budaya (rasionalisasi dan mitos tentang kemajuan); transfomasi teritori (urbanisasi dan indutrialisasi); dan transformasi teknis (rekayasa struktur, kegunaan struktur, ekspresi ┐kebenaran┐ struktur dan konstruksi, dan teknologi) serta respon dan upaya-upaya revisi terhadapnya.

PERANCANGAN STRUKTUR III

4 SKS

MKKB

 51232035

Memahami perancangan bangunan sederhana yang dengan fungsi yang terpadu yang terletak pada suatu tapak dengan karakter alami yang menyolok, mengetahui prinsip pengolahan lahan dan respon terhadap kondisi alami, serta mampu menyajikan rancangan secara komunikati

 

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR  V

4 SKS

MKKB

 51232055

Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan secara teknis, yang meliputi perancangan fungsional dengan program yang dapat dikuantifikasikan, konstruksi yang sistemik sebagai bangunan berlantai banyak dengan dukungan infrastruktur; serta mampu menyajikan gambar secara teknis sebagai dokumen kontrak.

back to top

 

 

 

SEMESTER VI

 

PRAKTIK PROFESIONAL

2 SKS

MKPB

 51241026

Mengenal kegiatan praktek profesional dalam arsitektur; bentuk-bentuk hubungan kerja arsitek dan pemberi tugas, macam-macam bentuk penugasan, tahapan proses perancangan, standard hasil karya, prinsip-prinsip organisasi kerja dan kerja tim, format-format dokumen perancangan, bisnis perancangan, bentuk-bentuk dokumen kontrak kerja, pengendalian proyek, pedoman standard imbalan jasa untuk proyek perancangan skala kecil dan menengah.

 

PENDIDIKAN PANCASILA

2 SKS

MKPK

 10011016

Memahami kedudukan Pancasila sebagai dasar falsafah negara Republik Indonesia dan perwujudannya dalam rumusan Pancasila dengan sila-silanya, serta mengenal dasar-dasar filsafat yang menjadi konteks Pancasila.

METODA PENELITIAN I

2 SKS

MKKK

 51222016

Mengetahui prinsip dan ragam penelitian khususnya penelitian dalam bidang arsitektur dan perancangan, tahap pemrograman penelitian, proses penelitian, pendekatan penelitian, teknik presentasi data (teori dan simulasi): kuantitatif dan kualitatif.

 

METODA PERANCANGAN II

2 SKS

MKKK

 51222026

Mengetahui proses penemuan masalah (sasaran, fakta, konsep, kebutuhan dan pernyataan masalah) dan pertimbangan-pertimbangannya (fungsi, bentuk, waktu, ekonomi); mengetahui prinsip pemilihan strategi dan pemilihan metoda perancangan; serta mengetahui evaluasi puma huni.

 

PENGANTAR KAJIAN PERUMAHAN

2 SKS

MKKB

 51231026

Mengetahui permasalahan permukiman (perkotaan dan perdesaan), unsur-unsur pembangunan perumahan dan permukiman, housing need, housing demand & housing supply, program pembangunan perumahan dan permukiman, pembiayaan pembangunan perumahan, serta lahan untuk perumahan dan permukiman.

PENGANTAR KAJIAN PERKOTAAN

2 SKS

MKKB

 51231016

Mengetahui permasalahan kota dari berbagai aspek, kependudukan, urbanisasi, proses perencanaan kota, pemahaman norma perancangan kota dan berbagai dimensi, serta pemahaman, pendekatan (orientasi) perancangan kota.

PERANCANGAN STRUKTUR IV

4 SKS

MKKB

 5123046

Memahami dan mampu menerapkan prinsip perencanaan struktur bangunan 4-5 lantai dan bangunan fungsi bentang lebar, sistem struktur beton dan baja, jenis sistern struktur utama rangka, pelat dan kabel, struktur dan konstruksi dalam kaitannya dengan sistem jaringan.

 

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR VI

4 SKS

MKKB

 51232066

Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan berskala menengah yang menekankan pada aspek simbolis-kultural,

back to top

 

 

 

SEMESTER VII 

 

KEWIRAUSAHAAN

2 SKS

MKKB

 51232017

Mengenal prinsip-prinsip dan etika kewirausahaan dan profesi (resposibilitas, fairness, independensi, loyalitas, dedikasi) yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam dalam konteks arsitektur.

 

HUKUM PRANATA PEMBANGUNAN

2 SKS

MKBB

 51251017

Mengenal konteks pranata hukum dimana arsitek berpraktek dan peraturan hukum yang terkait dengan registrasi praktek profesional, peraturan tata kota, pelestarian lingkungan, peraturan bangunan umum, serta prosedur-prosedur membangun.

METODA PENELITIAN II

2 SKS

MKKK

 51222027

Mengetahui macam alat analisis dalam penelitian dan penjelasan tugas, penggunaan dan pemaknaan alat analisis dalam tugas, detail teknik, penguasaan kata, kalimat, dan paragraf, rekomendasi, kesimpulan, dan abstrak, serta laporan akhir.

back to top

 

 

 

MATA KULIAH PILIHAN

Berikut diuraikan materi umum tiap-tiap Mata Kuliah Pilihan yang dapat diambil bila telah menempuh mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur V.

 

MANAJEMEN KONSTRUKSI

2 SKS

MKBB

 51205332

Industri konstruksi dan proyek konstruksi, organisasi proyek konstruksi, pengantar perencanaan dan pengendalian kualitas dan jadual proyek konstruksi, pengantar estimasi dan pengendalian keuangan proyek konstruksi, serta studi kasus dan implementasi.

 

FURNITURE

2 SKS

MKBB

 51206234

Perancangan dan penataan estetis suatu ruang dalam penerapan berbagai gaya-gaya yang telah ada, seperti gaya-gaya tradisional, klasik, modern maupun kontemporer, dengan mempertimbangkan karakter bangunan yang mewadahinya.

PERUMAHAN

2 SKS

MKBB

 51204534

Pendalaman terhadap kawasan perumahan terutama perumahan dalam konteks real estate. Dibahas pula secara mendalam studi kelayakan, ekonomi bangunan, konsep-konsep pemasaran dan manajemen real estate. Mahasiswa dicoba pula dilatih menganalisis suatu kasus pengembangan perumahan.

PRESENTASI MULTIMEDIA DIGITAL

2 SKS

MKBB

 51206732

Pengetahuan tentang teknik penyajian presentasi digital yang interaktif dalam arsitektur. Terdiri atas pemahaman komposisi elemen grafik 2 dimensi, jenis file yang dapat digabungkan, perangkat yang dapat dipakai baik yang bersifat linier presentation maupun branching presentation.

 

PRESERVASI DAN KONSERVASI

2 SKS

MKBB

 51205534

Teori-teori preservasi dan konservasi baik untuk bangunan, lingkungan binaan maupun suasana. Pemahamannya terhadap suatu area yang mempunyai nilai historis baik itu bangunan maupun lingkungan yang mewadahinya. Penerapan arsitektur masa kini dan pengaruhnya pada area yang bernilai historis tersebut.

REAL ESTATE

2 SKS

MKBB

 51204134

Pendalaman terhadap kawasan perumahan terencana (real estate), bangunan perdagangan (ruko) dan tata ruangnya. Dibahas pula studi kelayakan, ekonomi bangunan, konsep-konsep pemasaran dan manajemen real estate. Mahasiswa dicoba pula dilatih menganalisis suatu kasus pengembangan perumahan.

RENOVASI BANGUNAN

2 SKS

MKBB

 51206234

Pendalaman cara merenovasi bangunan yang dikarenakan pertumbuhan atau berkembangnya rumah terhadap tuntutan keinginan dan kebutuhan pengguna. Teknik merenovasi rumah juga membahas cara-cara memperbaiki bangunan karena dimakan usia, bencana alam dan pemilihan bahan yang tepat.

 

PERANCANGAN TEPIAN AIR

2 SKS

MKBB

 51207132

Esensi dan rencana guna lahan tepian air, bentuk tepian air, tujuan perancangan tepian air, kebijakan dan akses umum dan open space, waterfront view, sumber bersejarah, kriteria akses dan desain, serta studi kasus perancangan tepian air.

PRAKTIK KERJA

2 SKS

MKBB

 51204652

Memahami prinsip-prinsip perancangan dan mampu melakukan praktik pemagangan pada proses perencanaan maupun pengawasan profesional dan mampu menyusun laporan secara sistematis.

 

AKSESIBILITAS LINGKUNGAN

2 SKS

MKBB

 51207032

Pengenalan aksesibilitas, prinsip-prinsip aksesibilitas, benchmarking exercise, simulation exercise, field trip ke obyek-obyek arsitektural, serta live design.

 

PERENCANAAN BAGIAN WILAYAH KOTA

2 SKS

MKBB

 51207232

Penyusunan proposal teknis, penyusunan data, analisis, penyusunan strategi dan konsep perencanaan, penyusunan rencana bagian wilayah kota, serta identifikasi program pelaksanaan pembangunan dan jadual pelaksanaan.

FOTOGRAFI ARSITEKTUR

2 SKS

MKBB

 51207332

Pengenalan kamera dan cara kerja, teknik pemotretan tanpa lampu kilat dan dengan lampu kilat, teknik membidik obyek interior, obyek eksterior khusus bangunan, obyek eksterior lansekap, serta membidik obyek detail-detail arsitektur.

PENGANTAR STRUKTUR LANJUT

2 SKS

MKKB

 51222017

Mengetahui macam sistem struktur bangunan tinggi beserta contoh project-nya, macam sistem struktur bangunan bentang lebar beserta contoh project-nya, konstruksi utama bangunan advanced.

 

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR VII

6 SKS

MKKB

 51231077

Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan berskala menengah secara komprehensif dari segi pemrograman fungsional, perancangan bentuk, perencanaan struktur dan infrastruktur, serta mampu menjelaskan pertimbangan-pertimbangan dan hasil rancangannya secara tertulis.

 

back to top

Tampilan Cetak | Kembali ke Atas