FAKULTAS
   

FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

JURUSAN TEKNIK SIPIL

 

 


 

 

PROFIL LABORATORIUM

Laboratorium merupakan fasilitas penunjang yang digunakan untuk kegiatan Tri Darma Perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam bentuk praktikum, penelitian mahasiswa untuk keperluan Tugas Akhir dan penelitian dosen untuk pengembangan keilmuan atau karya ilmiah, serta pengabdian pada masyarakat Program studi Teknik Sipil membawahi: Laboratorium komputasi, Laboratorium Struktur dan Mekanika Rekayasa, Laboratorium Mekanika Tanah, Laboratorium Ilmu Ukur tanah, Laboratorium Jalan Raya, Laboratorium Hidrolika dan Laboratorium Teknologi Bahan Konstruksi.
 

 

LABORATORIUM KOMPUTASI

 

Laboratorium Komputasi merupakan salah satu fasilitas andalan dan masuk program unggulan FTSP, mahasiswa diharapkan akrab dengan teknologi komputer dan lulusan FTSP memiliki keunggulan kompetitif dan tidak gagap teknologi ketika terjun di lapangan kerja. Kegiatan yang diselenggarakan berupa penyelenggaraan praktikum, kursus program aplikasi komputer, pelayanan umum komputer untuk mahasiswa, rnengkoordinasi penggunaan Internet dengan sistem server ke seluruh jaringan yang ada di FTSP, juga melayani servis, penggantian spare part dan up grade komputer. Fasilitas yang dimiliki berupa perangkat komputer sebanyak 30 unit yang dialokasikan di lantai 3 untuk kegiatan praktikum dan kursus, Tugas Akhir/Tesis untuk Sl dan S2 serta penelitian Dosen, LCD Projector (Viewer/Infocus) untuk presentesi, flotter untuk print out gambar, printer Laserjet dan printer HP, Note Book dan server sebanyak 2 unit untuk melayani dua lokasi laboratorium.


Tenaga ahli : lr. Lalu Makruf, MT, lr. Helmy A.B, MT, lr. Tri Fajar Budiono, MT, Ir. H.M. Teguh, MSCE., Ir. H. Sarwidi, Ph.D., Ir. H. A. Kadir Aboe, MT

 

LABORATORIUM STRUKTUR DAN MEKANIKA REKAYASA

 

Laboratorium struktur dan mekanika rekayasa digunakan untuk pengujian-pengujian berbagai struktur maupun elemen struktur dengan model berskala penuh atau skala model. Uji ini untuk mengetahui karakteristik, perilaku dan kekuatan elemen struktur yang dibebani statik maupun dinamik. Bahan benda uji dapat berupa beton bertulang, baja, kayu atau bahan lain meliputi pengujian: Uji Lentur Balok, Pelat, Uji Tarik/Tekan Kolom/Satang, Uji Torsi Balok, dan Uji Pembebanan dinamik/siklik. Alat-alat pokok pengujian meliputi alat untuk membentuk suatu sistem pembebanan yang terdiri dari 'loading frame' dan 'hydraulick jack' serta kelengkapan lainnya untuk menjumput data yang dibutuhkan, seperti "load cell", "dial gauge', "strain gauge" dan lain-lain.

Disamping itu laboratorium berperan meningkatkan dan mengembangkan pengertian dan pemahaman mekanika rekayasa bidang Teknik Sipil, dengan lingkup layanan:

  • peragaan berbagai model dan atau gambar struktur untuk memperkenalkan jenis dan model struktur serta detail berbagai bagian penting struktur bangunan sipil,

  • peragaan gambar-gambar perencanaan dan pelaksanaan serta gambar-gambar lain yang berkaitan dengan bidang Teknik Sipil,

  • demonstrasi dan simulasi perilaku berbagai model struktur di bawah pengaruh pembebanan,

  • simulasi program komputer mekanika rekayasa untuk kegiatan simulasi program komputer pada berbagai model struktur dengan variasi pembebanan,

  • Penelitian model struktur bagi dosen dan tugas akhir mahasiswa.
    Alat-alat dapat berupa alat percobaan mekanika rekayasa dasar, model, gambar-gambar dan modul simulasi program komputer.

Tenaga ahli : lr. H. Widodo, MSCE, Ph.D., Ir. H. Sarwidi, Ph.D, Ir. H.M. Samsudin, MT, Ir. Ade Ilharn, MT, Ir. Faturahman.NS. MT, lr. Helmy Akbar Bale, MT, dan lr, H.M.Teguh, MSCE.

 

LABORATORIUM TEKNOLOGI BAHAN

 

Laboratorium teknologi bahan konstruksi digunakan untuk pengujian-pengujian berbagai bahan bangunan. Laboratorium Teknologi bahan menyelenggarakan kegiatan yang bersifat pengembangan terhadap teknologi bangunan bekerjasama dengan pihak-pihak luar. Kegitan ini dapat berupa: training, lomba (umum, mahasiswa) maupun seminar (regional, nasional). Bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta dalam hal penyelenggaran praktikum. Praktikum yang diselenggarakan berupa Uji Tarik, Tekan dan Lentur berbagai bahan bangunan. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pengertian dan pemahaman tentang mix design beton, karakteristik bahan-bahan bangunan terutama bahan bangunan struktur (kayu, beton, baja), dan cara pengujiannya, dapat menganalisis sifat-sifat bahan struktur, sehingga dalam perencanaan struktur menjadi handal. Alat yang digunakan untuk kegiatan ini terdiri Universal Testing Machine, alat tekan beton dan kelengkapannya.

Tenaga ahli : Ir. H. Widodo, MSCE, Ph.D, Ir. H. llman Noor, MSCE, Ir. H. Suharyatmo, MT, lr. H. Susastrawan, MS, Ir. H. M. Teguh, MSCE, dan Ir. H. Harsoyo, MSc,

 

 

LABORATORIUM ILMU UKUR TANAH

 

Laboratorium ilmu ukur tanah digunakan untuk kegiatan pengukuran di lapangan. Laboratorium ini menyelenggarakan kegiatan praktikum, yaitu praktikum Pemetaan dengan materi pengukuran peta situasi serta poligon. Praktikum wajib diikuti oleh seluruh rnahasiswa dan dilaksanakan pada setiap semester. Pengabdian Pada Masyarakat dilaksanakan dalam bentuk bantuan peminjaman peralatan untuk pengukuran-pengukuran yang dilakukan oleh mahasiswa ataupun dosen dan institusional di lingkungan Ull. Laboratorium Ilmu Ukur Tanah menyediakan diri untuk membantu penelitian dalam bidang pengukuran yang dilakukan oleh rnahasiswa maupun dosen. Kerjasama dengan fihak luar dalam bentuk penyewaan peralatan ukur maupun tenaga pengukur atau dapat juga keduanya. Alat-alat ukur ini berupa theodolite waterpasing dan kelengkapannya.

Tenaga ahli : Dr. Ir. H. Dradjat Suhardjo, SU, Ir. Widodo, MSc, dan Ir. Tuti Sumarningsih, ST, MT

 

 

LABORATORIUM JALAN RAYA

 

Laboratorium jalan raya digunakan untuk pengujian-pengujian berbagai bahan yang berkaitan dengan pembangunan Jalan Raya. Laboratorium ini berperan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengertian dan pemahaman tentang mix design dan bahan jalan raya. Laboratorium ini menyelenggarakan kegiatan praktikum, yaitu praktikum bahan perkerasan. Secara garis besar terdapat dua macam pemeriksaan, yaitu Pemeriksaan Sub-garde dan Pemeriksaan Bahan Beton Aspal. Untuk pemeriksaan Sub-grade terdiri atas peralatan proctor, sand cone, CBR Lapangan, CBR Laboratorium dan lain-lain. Sedangkan Pemeriksaan Bahan Beton Aspal terdiri atas pemeriksaan agregat dengan alat berat jenis, abrasi test, sand equivalent, sheave shaker, soundness dan alat-alat pemeriksaan aspal. Untuk kegiatan di Lapangan terdapat alat Benkelmen Beam, Roughness, dan lain-lain. Disamping itu terdapat alat-alat untuk survei lalu lintas dilapangan dan pengujian polusi air maupun udara. Laboratorium ini juga terbuka untuk penelitian mahasiswa (Tugas Akhir) dari Ull maupun PT lain, penelitian dosen, pengabdian masyarakat, penelitian/pemeriksaan laboratorium maupun lapangan untuk instansi Pemerintah maupun instansi Swasta. Disamping itu laboratorium Jalan Raya juga menjalin kerjasama dengan instansi luar (pemerintah/swasta) dalam bidang penelitian, pendidikan, pengernbangan maupun pengabdian masyarakat.


Tenaga ahli : Ir. Subarkah, MT, Ir. Sukarno, SU, Ir. H. Balya Umar, MSc, Ir. H. Bachnas, MSc, Ir. Moch. Sigit DS, MT, Ir. Corry Yacub,MT, Miftahul Fauziah,ST, MT, Ir.Iskandar. Sy, MT, dan Berlian Kushari, ST

 

 

LABORATORIUM MEKANIKA TANAH

 

Laboratorium mekanika tanah digunakan untuk pengujian-pengujian berbagai jenis tanah baik di Laboratoriurn maupun di Lapangan. Pelayanan kepada mahasiswa berupa kegiatan praktikum untuk mata kuliah Mekanika Tanah lanjut (Semester IV) dan kegiatan penelitian tugas akhir mahasiswa setiap semester, kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk penyelidikan tanah di Lapangan dan Laboratorium, untuk bangunan bertingkat yang berupa: masjid, sekolah, pondok pesantren, dan jembatan. Kerja sama dengan masyarakat/instansi pemerintah atau swasta (proyek) berupa kegiatan penyelidikan tanah di lapangan dan Laboratorium untuk menentukan kuat dukung tanah pada suatu bangunan bertingkat antara lain dengan alat CPT, SPT, konsultasi untuk mahasiswa dan masyarakat dalam bidang struktur bawah (Fondasi dangkal maupun dalam)/bidang Geoteknik, dan menyelenggarakan kursus singkat (Short course) bagi mahasiswa tingkat akhir maupun masyarakat di bidang Geoteknik, meliputi: teori praktek penyelidikan tanah (Boring, CPT, SPT, dli) dan pemrograman komputer hasil penyelidikan tanah untuk fondasi dangkal dan dalam. Alat yang tersedia antara lain triaxial test,sondir test, konsolidasi test, CBR, UCT dan lain-lain.

Tenaga ahli : Dr.1r.H. Luthfi H, MS, Dr. Ir. Edy Purwanto, DEA, lr. Ibnu Sudarmadji, MS, dan Ir. H.A. Halim Hasmar, MT.

 

 

LABORATORIUM HIDROLIKA

Laboratorium hidrolika digunakan untuk pengujian-pengujian gerakan dan perilaku air dalam berbagai karakteristik saluran dengan model berskala penuh atau skala model. Pelayanan kegiatan praktikum untuk mata kuliah Hidrolika I dilaksanakan pada tiap semester. Kegiatan penelitian Tugas Akhir mahasiswa dilaksanakan setiap semester. Mahasiswa di luar Ull dapat melakukan praktikum Hidrolika dan penelitian tugas akhir atas persetujuan Dekan FTSP-Ull. Kegiatan pengabdian pada masyarakat diantaranya merencanakan saluran irigasi, pemipaan air minum dan drainase lingkungan atas permintaan masyarakat. Menyelenggarakan dan melayani permintaan instansi pemerintah atau swasta dalam penyelidikan dan perencanaan saluran irigasi, pemipaan air bersih, drainase dan lain-lain.

Tenaga ahli : Ir. Bambang Sulistiono, MSCE., lr. Endang Tantrawati, MT, Ir. Harbi Hadi, MT, Ir. Sri Amini YA., MT, Ir. H. Munadhir, MT, dan Dr.Ir. Ruzardi, MS.

 

back to top

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Tampilan Cetak | Kembali ke Atas